Tipe Postingan Original atau kopas Tipe Postingan Original atau kopas

MAAF SOBAT BLOGGER... AKHIR-AKHIR INI ADMIN JARANG ONLINE DAN JARANG UPDATE BLOG INI, DIKARENAKAN ADANYA BEBERAPA HAL LAIN YANG HARUS SAYA KERJAKAN SEPERTI, JOGING, JALAN-JALAN, MAIN KERUMAH TETANGGA ATAU TEMAN, MANCING, NONTON TV, MAIN GAME DAN LAIN-LAIN...

Tipe Postingan Original atau kopas

kopas copy paste


Dalam ngeblog kita mengenal bermacam-macam postingan. Postingan itu bisa dilihat dari kategory, jumlah karakter, konten dan lain-lain. Namun kali ini saya akan mencoba membedakan tipe postingan dari copas dan Non kopas (Original).

Tipe-tipe tersebut menurut saya sebagai berikut:

1. Postingan Kopas 100%
Postingan yang satu ini terjadi bila kita mengkopi pastekan sebuah postingan dari blog lain secara 100%, postingan tersebut bisa dikatakan postingan ilegal atau melanggar hak cipta apabila kita tidak menyertakan link sumbernya.

2. Postingan kopas 100% legal
Apabila kasusnya seperti diatas namun yang punya postingan aslinya memperbolehkan postingannya di kopi paste.

3. Postingan Kopas Tak Sempurna
Postingan tersebut hasil kopas, hanya saja sedikit sudah kita edit kata-katanya. Semisal kita edit dengan hanya mengedit saya menjadi gue anda menjadi kita dan lainnya sementara konten-konten lainnya seperti gambar dan yang lainnya masih sama. Untuk postingan jenis ini sebaiknya masih menggunakan link sumber.

4.Postingan kopas ganti gambar
Hanya kopas lalu diganti gambarnya doang, postingan tersebut juga masih dikatakan kopas..

5. Postingan hampir kopas
Apabila suatu postingan hasil kopas namun sudah di edit lebih dari 50% edit baik itu kata-kata atau konten-konten pendukungnya seperti gambar, dan lainnya. Menurut saya ini sudah bukan kopas jadi tak harus kasih sumber..

6. Postingan Kopi ide
Apa bila kita mengkopi ide dari postingan yang kita temui namun kita membuatnya dengan olah kata dan kreatifitas sendiri, jadi postingan itu cenderung lebih original. Nah menurut saya ini bukan prilaku kopas, jadi tak perlu link sumber...

7. Postingan hanya judul
Saya pernah menemukan sebuah blog yang postingannya hanya judul sementara postingannya kosong, saya juga pernah menemukan postingan yang hanya judul dan hanya berisi link ke postingan blog lain. Keduanya menurut saya tergolong original, hanya saja apakah bermutu. Saya juga pernah melakukannya hihihi, namun saya tidak menganjurkan seperti ini karena kelihatan banget malasnya hihihi....

8. Postingan Isi tak bermutu
Apabila ada judul namun isinya berupa kata kata yang tak ber arti contohnya: aaaa eeeeeeeeeeeee dddddddd 123 dan lain-lain...

9. Postingan kopi hanya seengah.
Apa bila sebuah postingan hanya kopas namun yang dikopi hanya setengah, biasanya hanya bagian atasnya saja. Postingan ini biasanya dilanjutkan dengan sebuah link ke artikel aslinya. Postingan jenis ini bukan ilegal hanya masih kurang bermutu. ya gak?

10. Postingan Original Pribadi
Postingan yang hanya memposting sesuatu tentang hal yang pribadi bagi penulis dan hanya berguna bagi penulis. Contohnya misal kegiatan sehari-hari yang kemudian di share di blog. Yang jelas original hihihi

11. Postingan Pengalaman pribadi
Apabila seseorang memposting sesuatu pengalamannya, namun hal tersebut dapat menjadi bermanfaat bagi orang lain. Sama seerti no 10 yang ini juga original.

12. Portingan Asli Original
Apabila benar-benar ide sendiri, bermanfaat dan berboobot dan tentunya di tulis sendiri heheh...

13. Postingan hanya gambar
Biasanya blog-blog yang menyediakan gambar gambar atau wallpaper. Biasanya bila gambar tersebut mengambil dari tempat lain, sumbernya tertulis pada gambar tersebut.

14. Postingan konten tak jelas
Apabila sharing sesuatu namun dari sumber yang gak jelas, contohnya tutorial yang bahkan belum dicoba sama penulisnya. Termasuk link download, link gambar dan lainnya.

15. Postingan konten jelas
Apabila mensharing konten seperti tutorial namun sudah di coba sendiri, dan apa bila ada file-file yang harus di upload sudah di upload sendiri..

Kalau postingan ini sendiri termasuk no. 6 yaitu postingan kopi ide, karena ide membagi tipe-tipe postingan ini saya dapat dari blog tetangga namundalam blog tersebut tidaklah membagi tipe postingan berdasar kopas atau bukan, jadi bisa dikatakan benar-benar hasil tulisan dan pikiran sendiri ya gak hehehhe.


Tapi tetap saja timbul pertanyaan Adakah orang yang tidak pernah copas? (copy paste) maka baca juga postingan nyleneh sayatentang Adakah orang yang tidak pernah copas? (copy paste)

Demikian cuap-cuap saya, heheh ini semua sih hanya unek-unek saya dan menurut saya aja sih bagi yang berpendapat beda dan mau nambahin silahkan dikomentar. hehehhe semoga berguna



» Rating 4.5 »
Postingan Terkait

NOTE : Bila anda suka artikel Tipe Postingan Original atau kopas diatas, berilah komentar. Saya tidak menggunakan kode captcha ataupun moderasi komentar yang bikin boring, jadi diharapkan tidak ada SPAM, dan harap tidak menggunakan kata-kata yang membuat orang lain jengkel saat membacanya. Disarankan pilih Name/URL...

2 comments :

bima said...

Emang sob kalau kopas melulu gak kreative, tukang kopas itu bukan blogger....

Unknown said...

sip betul sob, kopas itu tidak punya kreatif, nhi blog saya oroginal kok
http://aguzarielfebriansyah.blogspot.com/

Post a Comment

 
Copyright FAYES COOL BLOG © 2012 - All right reserved - Powered By Blogger
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.