Faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda Faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda

MAAF SOBAT BLOGGER... AKHIR-AKHIR INI ADMIN JARANG ONLINE DAN JARANG UPDATE BLOG INI, DIKARENAKAN ADANYA BEBERAPA HAL LAIN YANG HARUS SAYA KERJAKAN SEPERTI, JOGING, JALAN-JALAN, MAIN KERUMAH TETANGGA ATAU TEMAN, MANCING, NONTON TV, MAIN GAME DAN LAIN-LAIN...

Faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda

Faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda

Faktor-faktor point penentu kualitas sebuah blog - Oke kawan kali ini saya akan mencoba share tentang faktor-faktor apa saja sih yang sekarang menjadi point utama dalam menentukan berkualitas atau kurang berkualitas. Bagi kita yang suka ngeblog pasti ingin blog kita selalu tampil di halaman utama google, iyakan? Namun tidak semua blog akan muncul begitu saja di halaman utama google. Persaingan antar situs web, maupun blog akan terus berlangsung baik dari blog lama ataupun blog baru yang terus bertambah setiap jam menit bahkan perdetik dari seluruh dunia.

 Disisi lain gogle juga sudah meng update dirinya dengan yang baru. Update terbaru Google ini disebut sebagai "Google Panda". Sistem terbaru ini di arahkan dan ditujukan kepada mereka yang pada dasarnya melakukan peternakan konten dan duplikat konten di web untuk mempromosikan peringkat konten asli dan unik yang lebih tinggi dalam hasil pencarian Google. Dengan sistem baru ini Panda Google bisa tahu Anda jika: Anda Menyalin Konten Asli dan Merupakan Blogger Spammer (Biasanya para peserta SEO Kontes sering membanjiri web-web orang lain dengan komentar spam) bersiap-siaplah kena Jurus Maut Kunfu Panda ini.

Oke lah kalau begitu, kita sebagai blogger harus sadar dan mengetahui point-poit apa saja yang membuat google melirik suatu web untuk di pilih menjadi yang pertama muncul pada suatu keyword tersebut di gunakan. Faktor-faktor penentu kualitas sebuah blog tersebut antara lain sebagai berikut:

1. GSCTR (Google Serps Click Through Rate) dalam pencarian
Maksudnya disini adalah apabila anda mencari sesuatu menggunakan kata kunci tertentu dalam pencarian google, maka google merekam hal ini dan menjadikan tolok ukur dalam hasil pencarian berikutnya.

2. Bounce rate
Sejak kemunculan algoritma baru dari search engine Google yaitu Google Panda membuat SEO onpage mendapat banyak perhatian. "katanya" Google panda lebih menyukai SEO onpage mulai dari artikel hingga themes/template, tolak ukur SEO onpage dan kualitas sebuah blog salah satunya adalah bounce rate atau tingkat pentalan yang rendah, artinya jumlah visitor yang hanya membuka satu halaman semakin kecil semakin bagus. Inilah yang mengobsesi seorang blogger maupun pemilik situs web membuat bounce rate blog mereka serendah mungkin.

Bounce Rate adalah suatu nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog / website anda setelah membuka sebuah halaman. Darimana kita bisa tahu angka Bounce Rate tersebut? Kita bisa tahu Bounce Rate blog kita dari tools statistik, contohnya Google Analytics.

Jika anda menggunakan Google Analytics maka disana anda akan mendapatkan laporan Bounce Rate anda. Nilainya biasanya berkisar dari 0% hingga 100%. Semakin kecil nilai Bounce Rate berarti semakin bagus karena berarti semakin sedikit pengunjung yang langsung kabur setelah membaca / membuka sebuah halaman di blog anda. Banyak orang (termasuk saya) yang awalnya belum tahu apa itu Bounce Rate salah kaprah dan mengira Bounce Rate yang tinggi itu bagus, padahal sebaliknya.

Ada beberapa kejadian yaitu pengunjung langsung meninggalkan blog anda setelah membuka satu halaman saja, dalam hal ini yang menjadi penyebab mengapa Bounce Rate meningkat, diantaranya :

* Pengunjung menekan tombol Back pada browser
* Pengunjung langsung menutup browser
* Pengunjung membuka halaman lain dengan mengganti URL
* Pengunjung mengklik salah satu link di halaman blog anda

Lalu bagaimana menghitung Bounce Rate? Logikanya begini, karena Bounce Rate ditampilkan dalam bentuk persentase maka Bounce Rate adalah jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan halaman blog dibagi jumlah total pengunjung lalu dikalikan 100%.

Dan kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab pengunjung langsung meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman? Jawabannya tentu ada banyak sekali dan relatif, misalnya : konten dan tampilan yang kurang menarik, loading yang lambat dan berbagai hal lainnya. Selanjutnya, bagaimana cara mengurangi Bounce Rate? Pertanyaan ini menurut saya sama saja dengan pertanyaan bagaimana cara meningkatkan Page View. Ada banyak cara dan tergantung dari kreasi kita masing-masing.

3. Time rate
Time rate merupakan catatan seberapa lama seorang visitor bertahan di blog kita, semenit, dua menit, atau berjam-jam. Ini juga dijadikan patokan oleh Google dalam menilai kualitas sebuah blog, jelas-jelas kepuasan visitor tetap menjadi patokan.

4. Jenis visitor
Ada dua jenis visitor atau pengunjung yaitu new visitor [pengunjung baru] dan Returning visitor [pengunjung lama]. Apa yang bisa dikaji oleh Google dari sini? Disinilah Google mendeteksi apakah bounce rate dan time rate dimanipulasi atau tidak. Semakin banyak new visitor semakin baik.

5. Link building yang sah
Yang terpenting dalam melakukan link building yang sah yaitu link building yang dilakukan secara jangka panjang. Namun ada juga yang menyarankan dengan jangka pendek tapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena memiliki kecenderungan dengan metode spam. Membeli link untuk meningkatkan pagerank merupakan cara terburuk dan dampaknyapun tidak akan significant. Jika tujuannya adalah agar web anda terindex oleh google sebaiknya hal-hal tersebut dihindari.

Pada intinya backlink tetap penting karena ini memang masih penting untuk mendongkrak rangking pada algoritma Google, namun itu sebaiknya dilakukan ketika konten dan optimasi seo on page sudah benar dan tepat sesuai algoritma Google serta pengunjung. 


6.Yang mau nambahin dipersilahkan
Pada dasarnya setiap orang mempunyai prinsip dan pemikiran yang berbeda tergantung darimana sumber ataupun pengalamannya sendiri.


Demikianlah sedikit ulasan tentang faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda yang saya kutip dan maupun saya baca dari berbagai sumber, dan dari sumber-sumber tersebut telah saya coba untuk meramu kembali dan hasilnya seperti diatas. Sekian artikel ini semoga dapat berguna dan jika ada salah kata atau tidak sesuai saya mohon maaf sebesar-besarnya....

Referensi: 
www.google.co.id/
www.seoblogfree.blogspot.com/2011/09/seo-google-panda-menurut-matt-cutts.html.
www.imadewira.com/apa-itu-bounce-rate/. www.emingko.com/2011/12/kualitas-blog-bukan-sekedar-bounce-rate.html. 
www.widyjantiko.abatasa.com/post/detail/16710/jurus-maut-kungfu-panda-milik-google.
www.omerwin.com/tips-dan-trik/tips-optimasi-seo-on-page-ala-google-panda.

» Rating 4.5 »
Postingan Terkait

NOTE : Bila anda suka artikel Faktor-faktor kualitas sebuah blog di google panda diatas, berilah komentar. Saya tidak menggunakan kode captcha ataupun moderasi komentar yang bikin boring, jadi diharapkan tidak ada SPAM, dan harap tidak menggunakan kata-kata yang membuat orang lain jengkel saat membacanya. Disarankan pilih Name/URL...

9 comments :

alibloggers said...

tips yang bagus untuk di waspadai, mengingat sudah adanya google panda

infointernet said...

google panda sadis juga ya, sangat di saring konten asli dan palsu

artik3l copas said...

makasih atas informasinya ya kang, jgn lp main ke blog ku

Ririn said...

Makasih infonya, emg perbedaan panda dengan yg biasa apa?

fayescool said...

@aliboggers: Iya sob, mengingat banyaknya engunjung yang datang dari google
@infointernet: sebenarnya mungkin mereka bertujuan agar semua orang tetap puas dari hasil pencarian googlenya,,..
@artik3l: thank juga, ya coba nanti..
@ririn: google panda itu istilah google terbaru saat ini sob.....

will123 said...

LIKE semuanya :)

zul said...

benar sekali...membuat betah pengunjung itu sulit juga, hehe

Admin said...

@izuel: Yupzzz betullllllllllllll

Pazzini said...

Mantaff bngt artikelnya sob . . .

Post a Comment

 
Copyright FAYES COOL BLOG © 2012 - All right reserved - Powered By Blogger
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.