Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun

MAAF SOBAT BLOGGER... AKHIR-AKHIR INI ADMIN JARANG ONLINE DAN JARANG UPDATE BLOG INI, DIKARENAKAN ADANYA BEBERAPA HAL LAIN YANG HARUS SAYA KERJAKAN SEPERTI, JOGING, JALAN-JALAN, MAIN KERUMAH TETANGGA ATAU TEMAN, MANCING, NONTON TV, MAIN GAME DAN LAIN-LAIN...

Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun

Selamat berjumpa lagi di fayescool.blogspot.com yang pada kesempatan ini akan mencoba share Tentang "Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun" diblog butut ini. Seperti apakah info tentang "Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun" ini, mari kita cekidot berikut ini:

Tembok besar Cina adalah salah satu dari tujuh ke ajaiban dunia. Tembok ini merupakan proyek pertahanan militer kuno yang memakan waktu pembangunan paling lama dan berskala paling besar di dunia. Tembok itu megah melintang dari bagian barat ke bagian timur Cina sepanjang 7.000 kilometer!

Sejarah pembangunan Tembok Besar Datau Great Wall dapat dilacak sampai abad ke 9 Sebelum Masehi. Waktu itu pemerintah di bagian tengah Cina menyambung benteng dan menara api menajdi satu tembok panjang. Sambungan itu merupakan pos penjagaan tentara di perbatasan dengan tujuan menangkis serangan etnis tertentu dari bagian utara Cina.

Pada masa pemerintahan Chunqiu, antar negara bagian memang sering berperang. Negara-negara bagian yang dipimpin pangeran itu demi keamanan lalu berturut-turut membangun tembok besar diatas bukit dan gunung yang terletak di daerah perbatasan.



Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun


Pada tahun 221 SM, Kaisar Qinshihuang memerintahkan tembok-tembok yang dibangun oleh berbaai negara bagian disambung menjadi satu tembok besar, berfungsi sebagai kubu pertahanan untuk menangkis serangan pasukan kavaleri etnis nomadik di padang rumput Mongolia, Cina Utara.

Tembok besar itu panjangnya mencapai 5.000 kilometer lebih. Saat masa pemerintaha dinasti Qin, tembok besar diperpanjang hingga 10.000 kilometer lebih. Dalam catatan sejarah selama lebih dari 2000 tahun, pengusa di berbagai zaman tak pernah berhenti membangun tembok besar hingga total panjangnya mencapai 50.000 kilometer, cukup untuk mengitari bumi satu kali lebih.

10 ribu Li
Tembok besar yang kita saksikan sekitar dibangun pada zaman Dinasti Ming yang berkuasa antara tahun 1368 hingg 1644, Ujung baratnya berpangkal pada benteng Jiau di Propinsi Gansu, Cina Barat,sedangkan ujung timur terletak di pinggir Sungai Yalu, propinsi Liaoning, Cina Timur. Dari barat hingga timur tembok besar melewati 9 provinsi, kota dan daerah otonomi sepanjang 7.300 kilometer, atau sama dengan 14 ribu li Cina.

"Tembok besar ditu disebut sebagai tembok penjang 10 ribu li di Cina,"ungkap Li Wuhan, pemandu wisata sebuah biro perjalanan di Beijing. Oleh karena itu, tak cukup sehari kita menapaki panjangnya Tembok Besar.

Sebagai kubu pertahanan, tembok besar dibangun mengikuti jalannya puncak pegunungan. Topografi yang dilewatinya sangat rumit dan rawan. Untuk menyesuiakan diri dengan berbagai topografi, pelaksanaan pembangunan tembok besar menerapkan struktur yang luar biasa dan berbeda-beda. Kesemua ini menunjukkan kecerdasan nenek moyang bangsa Cina.

Tembok besar yang berliku-liku memanjang menyusuri puncak pegunungan hampir mustahil titaklukkan oleh musuh pda zaman dahulu. Sebab gunung dan lereng yang menjadi dasar temboki itu terlalu terjal untuk didaki.

Menurut Li tubuh tembok besar dibangun dari batu besar berbaur dengan tanah dan batu pecahan. Tingginya kira-kira 10 meter dan lebar 5 meter, cukup untuk 4 ekor kuda berjalan berdampingan.

Tentara sangat mudah untuk melakukan manuver serta mengangkut bahan pangan dan senjata. Disisi dalam tembok dibangun pintu dan tangga untuk naik turun.

Tembok besar dibangun dengan benteng atau menara api pada setiap bagian. Dimasing-masing menara api itu, kita bisa menyaksikan pemandangan alam. Selain itu, likuk-likuk anak tembok merupakan hal unik yang dapat kita saksikan.

Dulu dimenara api tersimpan senjata dan bahan pangan. Api akan dinyalakan bila musuh datang, sehingga kabar tersebut dapat disampaikan ke seluruh negeri dalam waktu singkat.

Benteng dan menara api digunakan sebagai tempat istirahat bagi prajurit pada waktu damai, sekaligus kubu pertahanan untuk menangkis serangan musuh pada waktu berperang. Kini menara api dan benteng bisa Anda manfaatkan untuk sejenak menarik napas panjang setelah sekian kilometer menapaki anak tangga.

Loteng Wisata
Bagian penting tembok besar adalah lintasan strategis antara celah gunung. Perbatasan gunung biasanya dibangun loteng gerbang itu tidak hanya kelihatan megah, tapi juga mencerminkan seni arsitektur cemerlang zaman Cina Kuno.

Sekarang sebagian loteng gerbang itu telah berubah menjadi obyek wisata, misalnya loteng gerbang Shanhaiguan diujung timur yang dijuluki sebagai Loteng gerbang nomor satu Cina. Lainya Loteng Gerbang Juyongguan Sektor Badaling di sekitar Beijing. Ditempat ini Anda bisa menikmati udara segar pegunungan sambil menikmati jajanan Cina di cafe yang telah disediakan.

Selain itu Anda bisa menyewa busana kaisar untuk foto-foto dengan latar belakang kelokan anak tangga Tembok Besar. Untuk menyewa busana, Anda cukup membayar 10 yuan (1 yuan setara dengan Rp. 1.100)

Selain sewa busana dan foto, Andapun bisa milah-milah cendera mata khas Cina yang banyak dijajakan disana. Kisaran harga antara 5 hingga 75 yan, dari gantungan kunci, lukisan miniatur tembok, topi dan lain sebagainya.

Fungsi tembok besar sebagai kubu pertahanan militer kini sudah tiada lagi, namun keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan. Keindahan tembok Besar tercerin pda kemegahan, kekuatan, dan kebesarannya. Sejauh mata memandang lekukan Tembok Besar, tampak bagai naga besar yang menggeliat menyusuri pegunungan.

Tembok besar adalah hasil jerihpayah yang dibasahi keringat dan darah rakyat Cina pada zaman kuno. Jika dilihat dari jarak dekat, tembok itu penuh dengan daya tarik seni arsitektur yang beraneka ragam. Betapa beratnya proyek pembangunan Tembok Besar pada zaman kuno.

Setelah menaiki anak tangga dan melewati beberapa benteng dan menara api, Anda bias dapatkan sertifikat atau hero card, sebagai bukti bahwa Anda telah mampu dan berhasil menapaki Tembok Besar. Anda tentu harus membayar untuk mendapatkan sertoifikat Hero Card itu. Harga sertifikat 15 yuan, sedangkan hero card 40 yuan.

Menikmati kemegahan dan keindahan sekeliling alam Tembok Besar Cina merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Tembok Besar telah menjadi lambang semngat bangsa Cina. Pada tahun 1987, nama Tembok Besar dicantumkan dalam daftar warisan dunia PBB.

Sumber of forum vibizportal

Demikianlah sharing ane tentang "Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun" di fayescool.blogspot.com ada salah apapun saya mohon maaf. Happy Blogging..

» Rating 4.5 »
Postingan Terkait

NOTE : Bila anda suka artikel Pembangunan Tembok Cina lebih dari 2000 tahun diatas, berilah komentar. Saya tidak menggunakan kode captcha ataupun moderasi komentar yang bikin boring, jadi diharapkan tidak ada SPAM, dan harap tidak menggunakan kata-kata yang membuat orang lain jengkel saat membacanya. Disarankan pilih Name/URL...

1 comments :

will123 said...

Mau pembangunan nya sampe 5000 thn jg saya prcy, cz arsitektur bangunan nya bagus bngt dan ga ada yg nyaingin .

Post a Comment

 
Copyright FAYES COOL BLOG © 2012 - All right reserved - Powered By Blogger
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.