Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot

MAAF SOBAT BLOGGER... AKHIR-AKHIR INI ADMIN JARANG ONLINE DAN JARANG UPDATE BLOG INI, DIKARENAKAN ADANYA BEBERAPA HAL LAIN YANG HARUS SAYA KERJAKAN SEPERTI, JOGING, JALAN-JALAN, MAIN KERUMAH TETANGGA ATAU TEMAN, MANCING, NONTON TV, MAIN GAME DAN LAIN-LAIN...

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot - Ketemu lagi di fayescool.blogspot.com yang pada kesempatan yang berbahagia ini akan mencoba share Tentang "Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot" diblog keren yang butut ini. Seperti apakah penampakan dari info tentang "Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot" ini, mari kita cekidot bersama-sama berikut ini:

Sebelumnya saya menulis kali ini berdasarkan dari sebuah komentar sobat blogger di blog saya ini.  Ini penampakan komentarnya cekidot:

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot


Oleh karena itu, Sehingga saya memutuskan untuk mereview komentar tersebut. Karena mungkin yang dimaksud sobat saya ini adalah Rating Bintang atau yang disebut Rich Snippets, maka saya akan mencoba menulisnya dalam Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot.

Bagi sobat yang pingin memasang Rating bintang atau Rich Snippets di log sobat, tepatnya untuk sobat yang ngeblog dengan platform blogger (blogspot). Oke dari pada kelamaan yach sob berikut gambar contoh penampakan di google salah satu postingen ane yang sudah di beri rating bintang:

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot
Oke sobat blgger, akan sedikit saya ulas caranya semoga bisa terlaksana ya sob. Sebagai berikut sob:

Sebelumnya anda haruslah sudah punya akun google plus. jika belum punya bisa dibuat dahulu...

Oh iya Selalu backup dulu yach templatenya maksudnya simpan di hardisk komputer sobat, supaya kalau terjadi kegagalan atau error nanti sobat tidak pusing tujuh keliling wkwkwkwk...

 Setelah akun googlep plus siap, maka tinggal hubungkan dengan blog sobat:

1. Buka blogger masuk ke edit template blog sobat, jangan lupa centang pada Expand Template Widget

2. Temukan kode

<head>

3. Taruh kode berikut ini dibawah kode <head>

<link href='https://plus.google.com/123456789101234567890' rel='author'/>

Keterangan: Pada link yang ada dalam kode diatas Ganti angka 123456789101234567890 yang ane cetak tebal dengan ID google plus sobat, cara mendapatkan ID-nya kunjngi profil akun google plus, dapatkan di link yang ada di navigation toolbar firefox, opera atau yang lainnya milik sobat...

4. Selanjutnya cari kode <body>

keterangan: kode <body> terkadang dalam beberapa temlpate diberi tambahan semisal:
<body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'>
kode yang saya cetak tebal adalah contoh penambahan pada kode body, namun pada dasarnya kode tersebut adalah tetap kode <body>

5. Setelah ketemu kode No.4. Taruh kode berikut ini tepat dibawah kode <body>

<div> <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

6. Cari lagi kode </body> dan letakan kode berikut tepat diatasnya

</div></div>

Keterangan: kode </body> adalah penutup kode <body>
kode yang ada diantara  <body> dan </body> adalah kode untuk body dari pada blog kita...

7. Selanjutnya Ini yang rada ribet, tapi mudah kok. nah cari kode di template sobat yang mirip kode berikut ini:

<h2 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>

<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h2>

Kode h2 kadang setiap template beda-beda ada yang h1, h2, h3, dan mungkin lannya

8. Setelah ketemu kode yang dicari di no.6 tambahkan kode berikut diatasnya:

<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>

Dan kode berikut di bawahnya:

</span>
</span>

Sehingga menjadi seperti berikut ini:

<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>

<h2 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>

<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h2>
</span>
</span>

9. Lanjutkan cari kode
<span class='fn'><data:post.author/></span>
Edit, atau ganti dengan kode seperti ini:

<span class='fn'><span itemprop='reviewer'><a href='https://plus.google.com/123456789101234567890?rel=author' target='blank'>NAMA ANDA</a></span></span>

Seperti biasa ganti 123456789101234567890 dengan ID google plus sobat, dan Ganti NAMA ANDA dengan Nama admin...

10. Terakhir saatnya pasang Rating, Nah cari kode <span class='post-timestamp'>

11. Taruh kode:  Rating <span itemprop='rating'>4.5</span> sebelum kode diatas (no. 10)....


12. Sampai di no.11 sih Selesai sebenarnya. Namun Sobat boleh tidak menaruh kode no 11 diatas pada template, namun bila sobat tidak menaruhnya di template, sobat bisa menggantinya dengan menulis manual pada setiap postingan sobat, Bila memilih manual dalam postingan Taruh dibagian bawah postingan. Kelebihan ditulis secara manual sobat bisa menentukan rating bintang berbeda-beda pada setiap postingan dengan nilai 0.5 - 5 begitu gan he he..

 Jangan lupa untuk Mengecek di Rich Snippet Testing Tools Disini untuk mengetahui apakah rich snippet di blogmu bekerja dengan baik

SELESAI, Semoga berguna....

Demikianlah sharing ane tentang "Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot" di fayescool.blogspot.com ada salah apapun saya mohon maaf. Happy Blogging..

» Rating 4.5 »
Postingan Terkait

NOTE : Bila anda suka artikel Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippets Pada Blogspot diatas, berilah komentar. Saya tidak menggunakan kode captcha ataupun moderasi komentar yang bikin boring, jadi diharapkan tidak ada SPAM, dan harap tidak menggunakan kata-kata yang membuat orang lain jengkel saat membacanya. Disarankan pilih Name/URL...

24 comments :

Unknown said...

thanks infonya gan..memang fayes cool blog paling top deh..begitu dtanya langsung dijawab..jangan bosan2 menjawab yach gan..newbie banget nih..nnti lain kali mo tanya ulang..lagi mau trapkan tuh rating bintangnya..hehehe..thanks..thanks..

Fayes Cool Blog said...

@mansyur: sama-sama gan, ane juga masih belaja kok hehe. Pertanyaan kadang memberi ide gan thank yupz....

ADApdf said...

Mantap gan, cocok nih buat blg baruku...

Fayes Cool Blog said...

@Adapdf: mantap gan. thank

Music Lyrics said...

kalau plus isi foto gmn caranya sob..??
mksh infonya.

Fayes Cool Blog said...

@Music Lyrics: Foto yang dimana gan???? makasih juga sob...

Unknown said...

gan, kug < body >, tak cari gak ada ya?? gmn trusan?

Fayes Cool Blog said...

@fitri: pada beberapa template terkadang di dalam kode <body> ditambah kode tertentu gan tapi bagian ujungnya tetap <body dan diakhir ujungnya > bukan />

Fayes Cool Blog said...

@fitri lagi: sudah ditambah sob keterangannya, semoga berguna ya sob...

Unknown said...

gan, pada saat no. 8 saya gagal mulu...

Unknown said...

ane gagal gan :bingung

Melatih Jari Bermain Gitar said...

Terimakasih banyak mas sudah sharing. Saya akan coba praktekkan di blog saya, Thanks :)

www.gubukmedia.com said...

Turor nya bagus sekali bro..
tapi tolong bantu punya blog saya..
blog saya ketika di cek enggak keluar bintang nya trus ada peringatan seperti ini

Warning: Page contains property "rating" which is not part of the schema.

tolong dibantu ya
Makasih

ristizona said...

usul nih fay, tiap tutorial dikasih tulisan -CTRL+F atau tekan F3 untuk mencari kode- coz banyak yang belum tahu.

Irvan kun blogz said...

udah saya coba sob infonya dan berhasil.
thanks ya ^^

oh ya, sedikit info nih, pada langkah no.8 itu penutup terakhir nya ada yang kurang. yaitu :

thanks said...

udah saya ikutin tutorial. tp belum bisa sob, gagal mulu.

Posting Sembarang said...

ane berhasil bro, sampe preview di google rich snippet juga muncul. tapi pas bener2 ane search di google kok kagak muncul ya?apa emang perlu waktu?
nitip blog ane Portal artikel dan Info menarik!

ruang lirik lagu said...

Boz..kok di tempat ane kode yang no 7 ada 2 macem ya.. yang 1 ,pake h1 yang 1 pake h2..yang mesti ditaruh kode lagi yang mana tuh boz?

Obat Penyakit Gagal Ginjal said...

Makasih yah gan untuk artikelnya
_ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
sebelumnya kami mhon maaf ya.

Belajar Lewat Google said...

mantapssob walau masih bingung saya heheh, add blog saya n mampir sob

MP3SADA said...

Mantep sob infonya.... :)
sekali nyoba langsung berhasil...

Septic Shock said...

That is great to hear, thank you for reading!

Dr. Suneetha Gudipati said...

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

Free Wordpress Theme said...

Thank you, that was just an awesome post !!!

Post a Comment

 
Copyright FAYES COOL BLOG © 2012 - All right reserved - Powered By Blogger
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.